A. PENGERTIAN RISET (PENELITIAN)

Persoalan ataupun masalah (the problem) tidak mesti didiamkan dan dihindari, tetapi seharusnya dicarikan jawaban atau pemecahannya. Hasrat ingin tahu manusia menyebabkan setiap fenomena yang ada memerlukan jawaban dan penjelasan. Tambahan informasi terbaru dan akurat diperlukan dalam pengambilan keputusan-keputusan strategis. Apa yang diinginkan konsumen, mengapa penjualan turun, bagaimana cara meningkatkan produktivitas dan lain-lain, merupakan contoh kecil pertanyaan para pebisnis yang memerlukan kegiatan riset. Mengapa Toyota membuat mobil “Kijang” yang makin gemuk dan panjang, sehingga bak mandi juga bisa masuk serta menyuruh konsumennya menyiapkan garase yang lebih luas, sedangkan pesaingnya Suzuki membuat “Karimun”, yang kecil dan lincah serta pohon juga bisa masuk? Tentu semua ini hasil riset dan pengembangannya (R and D). Demikian juga kosmetik Pond, yang membuat produk pemutih kulit, karena hasil risetnya menunjukkan bahwa 70% wanita ingin kulit putih. Pebisnis maupun leader lainnya memerlukan informasi seperti apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan pasar, bagaimana pengembangan produk kedepan, apa trend mendatang dan lain-lain. Semua informasi yang diperlukan bisa diperoleh dari kegiatan riset. Lalu apakah riset atau penelitian itu ?

Secara umum riset (research) berarti memeriksa atau mencari kembali agar dapat ditemukan kebenaran. Riset adalah penyelidikan ilmiah yang bertujuan menyediakan informasi untuk memecahkan suatu masalah. Riset juga merupakan suatu aktivitas penyelidikan dan pengujian secara teliti dan kritis dalam mencari kebenaran ilmiah. Riset juga dapat didefinisikan sebagai suatu usaha yang terorganisir dan sistematis untuk menyelidiki masalah spesifik yang memerlukan solusi.

Sedangkan untuk riset pemasaran ada banyak pendapat atau definisi sebagai berikut : Riset pemasaran adalah kegiatan penelitian di bidang pemasaran yang dilakukan secara sistematis, mulai dari perumusan masalah, penentuan tujuan, pengumpulan data, analisis data sampai dengan interpretasi hasil penelitian. Riset pemasaran merupakan rencana yang sistemastis dan obyektif terhadap pengembangan penyediaan informasi untuk proses pengambilan keputusan dalam manajemen pemasaran. Riset pemasaran adalah proses pengumpulan fakta yang sangat logis dan esensial bagi keberhasilan pemasaran. Riset pemasaran merupakan suatu alat bantu untuk membuat keputusan yang lebih baik dengan cara menyediakan informasi-informasi pemasaran.

Naresh K. Malhotra (2004 : 7), menyatakan bahwa : marketing research is the systematic and objective identification, collection, analysis, dissemination, and use of information for the purpose of improving decision making related to the identification and solution of problem and opportunities in marketing.

Sedangkan menurut American Marketing Association (2003) :

Marketing research is the function that links the consumer, customer, and public to the marketer through information. Information used to identify and define marketing opportunities and problems; generate, refine, and evaluate marketing actions; monitor marketing performance; improve understanding of marketing as a process.

Dari berbagai definisi riset pemasaran di atas, maka dapat ditarik benang merahnya bahwa riset pemasaran adalah proses riset ilmiah, yang bertujuan untuk menghasilkan informasi yang digunakan untuk identifikasi masalah, pemecahan masalah dan bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan di bidang pemasaran.images1

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: